Berapa Lama Masa Aktif dan Expired Domain

Posted on 207 views

mASA AKTIF DAN EXPIRED DOMAIN

Masa Aktif dan Expired Domain

Domain merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah website atau blog, dalam pemilihan nama domain sangatlah penting  karena domain juga bisa disebut sebagai brand atau merek dari website / blog anda. Domain di ibaratkan seperti alamat rumah, jadi untuk mengakses website atau blog anda orang memerlukan alamat (domain) website /blog anda. Pemilihan domain yang baik adalah  yang simpel dan mudah di ingat misalnya 1 kata atau 2 kata saja. Ada banyak extension domain yang bisa anda pilih, domain yang termasuk populer atau banyak digunakan  adalah domain extension .Com dan .Net. Untuk di Indonesia sendiri domain extension .id juga termasuk salah satu domain yang banyak digunakan oleh developer atau blogger di Indonesia.

Sangat penting untuk mengetahui masa aktif domain anda, agar domain kesayangan anda tidak melewati masa expired dan jangan sampai domain kesayangan anda dibeli oleh orang lain di karenakan anda lupa membayar perpanjangan domain kesayangan Anda tersebut. Berikut saya akan jelaskan masa aktif siklus domain.

  • Domain Aktif

Pada umumnya domain memiliki masa aktif aktif selama 1 tahun sebagai gambaran, misalnya anda membeli domain pada tanggal 23 Februari 2020 maka masa aktif domain tersebut adalah sampai tanggal 23 Februari 2021. Lalu bagaimana jika anda lupa membayar pada tanggal tersebut? lanjut ke tahapan berikutnya.

  • Expired (Auto Renewal Period)

Jika anda lupa membayar domain pada tanggal tersebut diatas maka domain anda memasuki masa Auto Renewal Period, pihak Register atau perusahaan penyedia domain biasanya  mensetting masa aktif atau masa Auto Renewal Period selama 35 hari. Maka yang terjadi misalnya domain anda berakhir pada tanggal 23 Februari 2021 maka massa Auto Renewal Period berlaku sampai tanggal 30 Maret 2021. Dalam masa  Auto Renewal Period anda masih bisa memperpanjang dengan harga normal.

  • Redemption Period

Redemption Period biasanya disetting selama 30 hari oleh pihak Register atau penyedia domain. Tanggal berlaku Redemption Period dimulai dari berakhirnya tenggang waktu masa Auto Renewal Period, sebagai gambaran jika Auto Renewal Period domain Anda berakhir pada tanggal 23 Februari 2021 maka massa Redemption Period ini berakhir pada tanggal 24 Maret 2021. Jika domain anda sudah memasuki masa Redemption Period maka domain anda sudah tidak bisa lagi diakses karena sudah dihapus oleh sistem pihak register atau penyedia domain. Jika anda ingin perpanjang domain yang sudah masuk masa Redemption Period maka anda akan dikenakan biaya 400% dari harga normal yang artinya anda akan membayar jauh lebih mahal dari harga biasanya. Sebelum anda membayar domain yang sudah masuk masa Redemption Period alangkah baiknya anda menghubungi terlebih dahulu pihak register atau penyedia domain tempat Anda membeli domain tersebut.

  • Pending Delete

Pending delete biasanya disetting selama 7 hari oleh pihak ke register dimulai dari sejak berakhirnya masa tenggang waktu Redemption Period. Dalam masa pending delete ini anda sudah tidak bisa lagi melakukan pembayaran untuk memperpanjang domain kesayangan anda tersebut . Sebagai gambaran jika masa Retention Period anda berakhir pada tanggal 24 Maret 2021 maka massa pending delete berakhir pada tanggal 31 Maret 2021, dan setelah itu domain akan tersedia atau dijual untuk umum. Jika anda ingin memiliki lagi domain kesayangan anda tersebut, anda harus menunggu masa pending delete berakhir, dan anda harus siap-siap berebut dengan orang lain jika ada orang lain yang tertarik atau mengincar domain tersebut.

Kesimpulannya masa siklus aktif domain jika dihitung sejak tanggal expired domain berlaku sekitar 72  hari atau bisa dibilang 2 bulan lebih setengah. Jadi bagi Anda yang memiliki domain bagus dan sudah menjadi branding website atau blog anda, usahakan pantau terus masa aktif domain anda. Untuk memantau masa aktif domain anda silakan anda bisa menggunakan website cek whois domain gratis. Atau Anda juga bisa memantaunya melalui email yang digunakan pada saat mendaftarkan domain tersebut karena biasanya pihak Register atau perusahaan domain akan memberitahukan melalui email jika masa domain anda akan memasuki masa expired, biasanya sebulan sebelum memasuki masa expired pihak Register atau penyedia domain tersebut mengirimkan email kepada anda sebagai pengingat untuk segera membayar domain kesayangan anda tersebut. Demikian postingan mengenai masa siklus Masa Aktif dan Expired Domain semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Gravatar Image
Hobi pakai celana kolor yang suka menulis di Blog dan mempelajari tentang dunia SEO, Web desain & Internet Marketing secara otodidak. Basik pendidikan cuma tamatan SMU tidak pernah merasakan sedikitpun empuknya bangku kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *